Jumat, 12 Juni 2015

TAKSONOMI BLOOM

Taksonomi Bloom

     Merupakan sasaran pengembangan sesuai tingkatan dari tujuan pembelajaran.
Terdiri atas 3 bagian, diantaranya :

A). Ranah Kognitif : Berkaitan dengan kecerdasan, dimana diawali dari tingkatan rendah ke tinggi.

1. Pengetahuan (Kemampuan mengingat sesuatu yang dihadapi), terbagi atas:
- Pengetahuan Khusus yaitu mengingat kembali informasi dengan referensi konkrit
- Pengetahuan Tentang Tata Cara yaitu konvensi, metodelogi, klarifikasi, prosedur dll.
- Pengetahuan Universal yaitu prinsip - prinsip, teori , struktur dan generalisasi.

2. Pemahaman (Memahami materi yang disampaikan), terdiri dari :
- Terjemahan
- Interpretasi dll.

3. Aplikasi (Penggunaan dalam situasi tertentu)

4. Analisis (Menguraikan kedalam bagian-bagian tertentu)

5. Sintesis (Menempatkan unsur menjadi satu kesatuan)

6. Evaluasi (Berpikir tingkat tinggi dengan menentukan nilai dan metode yang ditentukan)
- Putusan (Internal : Ketepatan secara logis , Eksternal : Model yang mapan)

B). Ranah Afektif : Berkaitan dengan pembawaan perasaan

1. Penerimaan (Keinginan mnerima dorongan tertentu)
- Kesadaran, hadir tanpa paksaan, dan perhatian terkontrol

2. Menanggapi (Aktif terlibat dan berperanserta)
- Persetujuan, kepuasan, keinginan dalam menanggapi.

3. Menilai
- Kebaikan & Keburukan

4. Organisasi (Susunan dari nilai-nilai)
- Konseptual dan organisasi dala, sistem nilai

5. Karakterisasi (Perluasan dari suatu pandangan / filsafat )

C). Ranah Psikomotorik (Keterampilan melaksanakan sesuatu secara fisikal)

1. Pelaksanaan Pekerjaan
2. Penggunaan Peralatan
3. Berkomunikasi
4. Berkarya


PETA KONSEP TAKSONOMI BLOOM




Tidak ada komentar:

Posting Komentar