Strategi Pembelajaran
1. Strategi Pembelajaran secara langsung artinya guru pemeran utama dalam penyampaian materi ajaran. Guru harus aktif memberikan materi secara langsung, strategi ini bisa dikatakan bersifat deduktif.
2. Strategi pembelajaran tidak langsung dimana guru hanya berperan sebagai fasilitator yang bertugas mengelola lingkungan supaya kondusif saat pembelajaran berlangsung.
3. Strategi pembelajaran interaktif yaitu menekankan komunikasi yang terjalin antara para peserta didik satu dengan pesertra didik lainnya dengan cara diskusi dan berbagi maupun antara peserta didik dengan guru melalui konsultasi untuk memecahkan masalah. Kelebihan strategi ini adalah mengajak peserta didik untuk lebih aktif dan peka terhadap setiap permasalahan yang dibahas dalam pembelajaran tersebut.
4. Strategi Pembelajaran Emipiris adalah sebuah strategi pembelajaran yang condong kepada aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik selama masa pembelajaran.
5. Strategi pembelajaran Mandiri bertujuan untuk meningkatkan potensi masing-masing peserta didik serta mengakomodir inisiatif yang mereka miliki untuk mengembangkan dirinya sendiri.
Metode Pembelajaran
Ada beberapa macam metode pembelajaran diantaranya :
1. Metode Ceramah
Metode belajar mengajar secara tradisional, sebab metode ini digunakan sebbagai alat komunikasi lisan antara guru dan anak didik dalam interaksi edukatif sejak dari dulu.
2. Metode Eksperimen
Memberikan kesempatan kepada para anak didik secara individ atau pun berkelompokuntuk dilatih dalam melakukan suatu proses atau percobaan-percobaan. Metode ini bertujuan supaya peserta didik berpikir secara kreatif, mandiri dan inovatif.
3. Metode Pemberian Tugas
Dimaksudkan para pendidik memberikan penjelasan dalam suatu bahasan lalu para pendidik tersebut memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengembangkan pembahasan yang telah dibahas, hali ini bertujuan supaya peserta didik berpikir dan memiliki wawasan yang luas.
4. Metode Diskusi
Suatu alternatif dalam mengamati dan mencari jalan keluar dari suatu masalah melalui gagasan-gagasan yang diberikan para siswa, metode ini bertujuan untuk melatih para siswa untuk berani dalam menyampaikan pendapat atau saran dan untuk mengembangkan pikiran meraka.
5. Metode Latihan
Disebut juga metode training yaitu metode yang menanamkan tentang kebiasaan-kebiasaan tertentu untuk memelihara kebiasaan yang baik terhadap anak. Bertujuan membentuk kebiasaan serta ketepatan dan kecepatan dalam pelaksanaan.
6. Metode Proyek
Menggunakan cara mengajar dengan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk menggunakan hal-hal yang ada di kehidupan sehari-hari sebagai bahan pendidikan. Cara ini bertujuan untuk membuat ketertarikan peserta didik supaya terus belajar dan juga untuk membentuk pola pikir anak menjadi luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar